Suka Trekking dan Berpetualang? Ini Dia 2 Tempat Wisata Lombok Wajib Dikunjungi

Jika ada yang bertanya wilayah mana di Indonesia yang nyaman untuk disinggahi dan memiliki atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satu jawabannya adalah pulau Lombok. Pulau Lombok adalah salah satu pulau yang masuk dalam provinsi Nusa Tenggara barat dan merupakan tempat wisata Lombok wajib dikunjungi. Pulau satu ini kini semakin terkenal karena masuk dalam video promosi yang dibuat kementerian pariwisata Indonesia yang ditayangkan di berbagai negara di dunia.

Tempat wisata Lombok memenag menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Tidak heran jika kini semakin banyak ‘bule’ yang datang ke pulau satu ini. Tempatnya yang indah dan mulai nyaman ditinggali dalam waktu yang cukup lama oleh para wisatawan, membuat Lombok menjadi salah satu pulau idaman untuk melakukan liburan dan berhenti sejenak dari berbagai keramaian kota dan beratnya tuntutan pekerjaan.

Ini Nih 2 tempat wisata Lombok wajib dikunjungi

tempat wisata Lombok wajib dikunjungi

air terjun Sendang Gile

Salah satu tujuan wisata Lombok yang sudah sangat mainstream adalah wisata pantainya. Namun, jangan salah, jika Anda berkunjung ke Lombok, ada 2 tempat wisata Lombok wajib dikunjungi yang berada di pegunungan. Anda tidak akan menyesal saat mengunjunginya karena pemandangannya yang super indah.

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Tempat wisata Lombok wajib dikunjungi yang berada di pegunungan yang pertama adalah air terjun. Wisata air terjun kini sedang diminati oleh anak muda. Semakin cantik dan alami air terjun yang dikunjungi, akan semakin menarik anak muda untuk kembali datang ke tempat tersebut. Lombok memiliki 2 air terjun yang terkenal dan memiliki lokasi yang berdekatan. Air terjun tersebut adalah air terjun Sendang Gile dan air terjun Tiu Kelep.

Kedua air terjun tersebut berada di kaki salah satu gunung terbesar di Indonesia, yaitu gunung Rinjani. Sumber air terjun ini dipercaya berasal dari segara anak, yaitu danau alami yang terbentuk dari letusan gunung. Berkendara dengan kendaraan pribadi atau sewaan membuat Anda semakin mudah menjangkau tempat wisata Lombok wajib dikunjungi ini. Hal ini tentunya karena masih minimnya sarana transportasi umum.

Selain menjangkaunya dengan berkendara menggunakan kendaraan pribadi, Anda masih harus melakukan trekking yang cukup panjang untuk mencapai air terjun cantik dan eksotik tersebut. Jadi, saat mengunjungi tempat ini, Anda harus siapkan fisik yang prima dan pakaian yang sesuai. Gunakan sandal gunung atau sepatu yang sesuai agar kaki Anda tidak terluka dan mudah lelah.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan nyaman digunakan agar Anda tidak kesulitan selama melakukan trekking nantinya. Jangan lupa membawa air minum yang cukup agar Anda tidak kehausan saat berjalan nanti. Walaupun Anda perlu melakukan trekking untuk menjangkau tempat wisata Lombok wajib dikunjungi ini, Anda tidak perlu khawatir bosan atau lelah.

Hal ini karena jalur trekking sudah cukup aman dan memadai dengan bentuk jalan setapak dan anak tangga yang cukup mudah dilalui. Terlebih, sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan yang cantik dan kaya. Ada banyak tumbuhan khas hutan hujan tropis yang dapat Anda lihat termasuk tanaman paku-pakuan. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat sekilas satwa hutan.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan berpetualang, Anda akan terpuaskan selama melakukan trekking menuju dua air terjun ini. Air terjun yang akan kita jangkau terlebih dahulu adalah air terjun Sendang Gile, hal ini karena lokasinya yang berada lebih rendah dibandingkan air terjun Tiu Kelep. Di sini, Anda akan disuguhi pemandangan indah air terjun yang cukup tinggi dengan segarnya hawa khas pegunungan.

Jika Anda ingin upgrade pemandangan, Anda bisa naik lagi menuju air terjun Tiu Kelep. Dari air terjun Sendang Gile, Anda perlu berjalan menyusuri trek yang lebih sulit selama kurang lebih 30 menit. Walaupun demikian, Anda tidak akan menyesal karena pemandangan yang disajikan tidak akan mengecewakan Anda dan sebanding dengan perjuangan Anda untuk mencapainya.

Nah, itu tadi ulasan mengenai 2 tempat wisata Lombok wajib dikunjungi yang berada di kawasan pegunungan Rinjani. Anda tidak boleh melupakan bahwa pulau Lombok tidak hanya kaya akan pantai dan laut yang indah saja. Lombok juga punya atraksi wisata lain yang juga memukau di kawasan pegunungan.