Tempat Wisata Terbaru di Lombok yang Asyik untuk Berlibur

Tempat Wisata Terbaru di Lombok – Orang Indonesia tentu sudah pernah dengar tentang Pulau Lombok. Lombok yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini terkenal hingga ke mancanegara berkat pesona wisatanya yang menakjubkan.

Selain Bali, kini Lombok bisa dibilang jadi salah satu surga wisata alam khususnya pantai di Indonesia.

Tak main-main, di Lombok ada banyak pantai indah yang punya daya tarik wisata yang luar biasa. Hal ini utamanya berkat kondisi alamnya yang masih alami dan cantik.

Di Pulau ini terdapat sebuah kota yang menjadi pusat aktivitas warga serta pemerintahan yaitu Kota Mataram. Jika Anda berkunjung ke Mataram, Anda bisa menempuh perjalanan untuk mencapai berbagai lokasi wisata mulai dari pantai hingga gunung.

Perkembangan sektor pariwisata yang kian pesat menyebabkan bermunculannya banyak dstinasi-destinasi wisata baru, temasuk tempat wisata baru di Lombok.

Destinasi wisata baru ini ada yang berupa tempat rekreasi buatan manusia dan ada pula yang berupa wisata alam yang sudah ada dan dikembangkan kemudian dibuka untuk umum, termasuk 3 lokasi wisata berikut ini:

Ini Dia 3 Tempat Wisata Terbaru di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

  • Pantai Pink Lombok
keindahan pulau Lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Jika mendengar namanya tentu Anda akan berpikir tentang salah satu warna yaitu merah muda. Mungkin yang terbersit di benak Anda adalah pantai dengan air laut warna merah muda? Jika iya, sayang sekali tebakan Anda kurang tepat, memang ada salah satu bagian di pantai ini yang berwarna pink namun bukanlah airnya melainkan pasirnya.

Pantai ini sebenarnya punya nama asli Pantai Tangsi, tetapi karena warna pasir pantainya yang unik yaitu kemerahan maka pengunjung dan warna sekitar lebih mudah mengidentifikasinya sebagai Pantai Pink.

Pantai Pink yang merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Lombok ini berlokasi di Desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. Pengunjung bisa mencapai lokasi pantai ini dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Mataram melalui jalanan yang masih belum terlalu mulus.

Rute menuju pantai ini searah dengan rute menuju Pantai Tanjung Ringgit dan Anda bisa melihat plang penunjuk arah menuju Pantai Tangsi sebelum sampai di pintu masuk Pantai Tanjung Ringgit.  Letak pantai ini masih cukup tersembunyi dan belum banyak dijamah oleh wisatawan sehingga keindahannya masih terjaga.

Membahas tentang keunikannya, pantai ini punya warna pasir yang kemerahan. Warna kemerahan ini bukan berasal dari warna asli pasir pantai tersebut, melainkan dari adanya serpihan pecahan karang merah yang bercampur dengan pasir pantai yang putih.

Akibatnya pada kondisi pencahayaan tertentu pasir pantai ini akan memantulkan warna kemerahan yang terlihat indah. Pantai dengan warna pasir pink ini ternyata hanya ada 7 lho di dunia, termasuk di tempat wisata terbaru di Lombok ini.

Di pantai ini ada banyak aktivitas seru yang berhubungan dengan air seperti snorkeling melihat indahnya alam bawah laut, berenang seru, menyelam hingga memancing.

Kegiatan-kegiatan yang membutuhkan peralatan khusus seperti snorkeling sebaiknya Anda persiapkan lebih dulu dari rumah dengan membawa perlengkapan sendiri.

Hal ini dikarenakan di kawasan Pantai Pink ini masih belum banyak persewaan alat-alat snorkeling maupun aktivitas air lainnya.

  • Pulau Pasir
Tips liburan ke Lombok

Wisata Pulau Lombok

Kalau tadi sudah membahas tentang objek wisata Pantai, kali ini beranjak ke destinasi berikutnya yaitu Pulau Pasir. Pulau ini memang cukup dikenal oleh masyarakat dan wisatawan karena keunikannya berupa pulau yang berada di tengah laut.

Pulau ini memang dikelilingi lautan sehingga akan memberikan sensasi yang berbeda selama liburan Anda.  Jika biasanya pulau itu berupa hamparan daratan di atas perairan yang ditumbuhi dengan pepohonan dan dihuni oleh manusia, maka di pulau ini Anda hanya akan menemukan hamparan pasir putih di tengah lautan.

Pulau ini memang hanya berupa dataran pasir tanpa pepohonan apapun. Daratan pasir ini pun hanya muncul sesekali ketika air laut sedang surut. Ketika kondisinya tidak pas maka pulau ini akan terendam oleh air laut dan tidak terlihat di permukaan.

Kondisi pulau ini memang sepi, tidak ada persewaan alat, penjual makanan dan minuman  ataupun pedagang lainnya. Jadi Anda benar-benar akan merasakan senasi berada di pulau pribadi dengan suasana yang tenang ketika mengunjungi lokasi ini.

Tapi dengan kondisi tersebut maka Anda harus membawa sendiri perbekalan pribadi seperti makanan, minuman ataupun peralatan snorkeling dan yang lainnya jika ingin berkunjung ke pulau ini.

Berada di Pulau Pasir yang berlokasi di tengah laut tentu akan jadi pengalaman yang tak boleh dilewatkan untuk berfoto ria. Anda bisa mengambil gambar bersama kerabat ataupun saudara.

Selain itu sekadar bersantai di pulau ini pun menyenangkan, sambil melihat hamparan laut jernih yang luas. Di Pulau Pasir, Anda bisa merasakan pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya yaitu merasakan berjalan di atas pasir yang ada di tengah laut.

Sensasinya tentu akan berbeda dengan apabila Anda hanya berjalan di atas pasir pantai biasanya. Jadi jika waktu kunjungan Anda tepat dengan kondisi pasang air laut tidak ada salahnya untuk mencoba untuk singgah di Pulau Pasir, tempat wisata terbaru di Lombok ini.

  • Tanjung Ringgit
tempat wisata terbaru di lombok

Wisata Tanjung Ringgit Lombok

Masih dengan tempat wisata terbaru di Lombok yang bernuansa air, kali ini beralih ke Tanjung Ringgit. Lokasi ini sudah sedikit disinggung di poin pertama karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Pantai Pink.

Tanjung Ringgit berada di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Lokasi ini berbeda dengan Pantai Tanjung Ringgit karena Tanjung Ringgit sendiri berupa tebing tinggi yang berada di atas laut lepas.

Destinasi wisata yang satu ini belum banyak diketahui wisatawan sehingga masih relatif sepi. Lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan dengan nuansa lebih santai tanpa keramaian dari para pengunjung lainnya.

Di lokasi Tanjung Ringgit Anda akan melihat deretan bukit kars yang mengelilingi lautan. Pemandangan dari atas tebing karang ini yang bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Hamparan laut dengan air yang jernih berwarna biru kehijauan akan memanjakan mata Anda. Saking jernihnya, Anda bahkan bisa melihat terumbu karang di bagian dasar laut yang dangkal dari bagian atas tebing ini. Pokoknya, pemandangan dari Tanjung Ringgit pasti akan membuat Anda ingin mengabadikannya dalam foto.

Ada hal unik yang bisa Anda temukan dari lokasi ini yaitu adanya sumur di bagian bawah tebing. Anda mungkin tidak akan menyangka kalau air yang ada di dalam sumur ini adalah air tawar bukanlah air laut yang asin.

Nah, satu hal lagi yang menjadi daya tarik dari Tanjung Ringgit ini adalah lokasi ini merupakan tempat yang strategis untuk melihat matahari terbit.

Kalau berkunjung ke wisata Lombok, Nusa Tenggara Barat jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata terbaru di Lombok tadi ya. Anda akan dapat pengalaman liburan yang berbeda dari lokasi lainnya.