Tips Liburan ke Lombok Simpel dan Asyik

Tips liburan ke Lombok – Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara dengan jumlah provinsi sebanyak 34 provinsi. Indonesia sendiri memiliki berbagai tempat wisata yang menakjubkan di dunia. Bahkan banyak sekali turis mancanegara yang rela menghabiskan biaya banyak demi liburan di Indonesia. Hal ini dikarenakan oleh pesona wisata alamnya yang menakjubkan jika dibandingkan dengan negara lain. Tempat wisata tujuan utama liburan para warga asli Indonesia bahkan mancanegara salah satunya berada di provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu liburan di Lombok.

Lombok dikenal dengan tempat wisata yang sangat beragam. Mulai dari gunung, pantai, air terjun, dan masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi. Pulau Lombok terletak berdekatan dengan Pulau Bali dan Pulau Komodo. Pulau Lombok sendiri memiliki luas 5.435 Km yang terbagi menjadi empat kabupaten dan satu kota. Berbagai keindahan alam yang masih perawan dapat Anda nikmati di Pulau ini.

Tips Liburan ke Lombok  yang Harus Anda Coba

Tips liburan ke Lombok

Wisata Pulau Lombok

Perjalanan jauh ke Pulau Lombok tentu tidak semudah yang Anda bayangkan tanpa rencana yang matang. Oleh karena itu, butuh beberapa tips liburan ke Lombok yang perlu dicatat sebelum Anda pergi ke Lombok. Berikut ini beberapa tips liburan ke Lombok yang simple agar perjalanan asyik dan seru:

  1. Persiapan

Sebelum Anda berangkat ke Lombok, hal yang perlu Anda siapkan yaitu biaya dan kesehatan. Tentukan di awal terlebih dahulu tempat wisata mana saja yang akanAnda kunjungi, sehingga uang yang Anda miliki tidak mengalami kekurangan setiba disana. Jagalah kesehatan sebelum Anda pergi ke Lombok, atur pola makan, pola tidur, dan makanlah vitamin C agar Anda tidakjatuh sakit saat liburan tiba.

  1. Keberangkatan

Tips liburan ke Lombok selanjutnya yaitu menentukan waktu penerbangan yang tepat. Waktu yang paling efektif untuk melakukan penerbangan yaitu hari Jumat. Apabila Anda berangkat dari Bandung, Anda dapat mengambil penerbangan langsung Bandung-Lombok.

  1. Perlengkapan

Wisata andalan di Pulau Lombok adalah pantai-pantainya yang sangat indah dan eksotis. Efek panas pesisir pantai tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, bawalah peralatan penunjang seperti topi, krim pelembab, air mineral, tanaman lidah buaya, dan sebagainya selama liburan.

  1. Rencanakan Perjalanan

Rencana perjalanan alangkah lebih baik dipikirkan matang-matang, mulai dari penginapan dan tempat wisata yang hendak dikunjungi.

  1. Dokumentasi

Dokumentasikan setiap perjalanan Anda di tempat yang baru dan sangat disarankan.Anda juga dapat mengambil gambar khas budaya Lombok sebagai kenang-kenangan.

  1. Penginapan

Setelah perjalanan jauh akan lebih baiknya menginap di hotel yang murah dengan pemesanan dua hari sebelumnya.

  1. Transportasi

Pilihlah jasa transportasi yang mempunyai ijin jelas dan dapat bertanggung jawab.

  1. Uang Tunai

Bawalah uang tunai selama perjalanan dengan nominal secukupnya. Hal ini akan menghindari Anda merasa kebingungan saat tidak menemukan mesin ATM disana.

  1. Berpakaian yang Sopan

Mayoritas penduduk Lombok merupakan Suku Sasak yang beragama Islam dan masih menjaga norma sosial dalam masyrakat. Oleh karena itu, meskipun Anda sedang berlibur Anda juga harus menjaga norma tersebut seperti berpakaian yang sopan.

  1. Hiburan Malam

Hiburan malam di Lombok yang menakjubkan dapat Anda temukan di Senggigi sebagai pusat kota Lombok, Mataram. Hiburan ini tidak terlalu ramai menjelang pukul 8 malam. Sementara itu, jika Anda tetap ingin menikmati suasana malam, ada beberapa kafe di Senggigi yang dapat Anda kunjungi, seperti Alberto, Banana Tree Cafe dan warung Paradiso.

Di Taman Restoran Gili Trawangan dan beberapa tempat lainnya pada tengah malam juga padat wisatawan  karena menggelar beberapa pesta dan hiburan musik hingga pagi.

  1. Oleh-oleh

Belilah oleh-oleh yang tidak ada di kota asal Anda. Semisal membeli gantungan kunci yang unik dan khas Lombok. Apabila membeli makanan, sangat disarankan belilah makanan yang tahan lama.

Demikian beberapa tips liburan ke Lombok. Jangan lupa saat di tempat wisata ambilah gambar sebanyak mungkin. Bersikap ramahlah kepada sesama traveler dan menghormati adat istiadat serta budaya di sana. Ajak ngobrol warga lokal, karena dengan Anda mengenal lebih dekat orang-orang di sekitar Anda, maka Anda bisa  lebih bijaksana dalam menilai segala hal.