Wisata Lombok Tengah dengan Pesona yang Menakjubkan

Wisata Lombok Tengah menawarkan surga yang tuhan ciptakan di dunia untuk kita nikmati. Lombok terbagi atas tiga bagian, yaitu Lombok Barat, lombok Tengah dan Juga Lombok Timur.

Dari setiap tempat tersebut terdapat beberapa wisata yang memberikan pemandanga indah nan memukau siapapun yang melihatnya

Nah, kali ini kita akan membahas tentang beberapa tempat wisata Lombok Tengah yang selalu ramai di kunjungi oleh beberapa wisatawan. Baik wisatawan dari dalam negeri ataupun yang berasal dari mancanegara. Mari kita bahas secara detail..!!!

Ini Dia Wisata Lombok Tengah dengan Pesona yang sangat Menakjubkan

Pantai Kuta Lombok

paket liburan di lombok

Wisata kuta Lombok

Yang pertama kali ada di pikiran Anda ketika mendengar nama pantai kuta pastilah pantai yang ada di Bali, tapi jangan salah pantai Kuta juga ada di Lombok.

Apabila Anda ingin wisata ke Pantai Kuta Lombok, Pantai ini berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Indonesia.

Pada mulanya pantai ini biasa-biasa saja, tapi sesudah banyak pembangunan hotel-hotel lalu pantai ini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi di Wisata Lombok Tengah.

Apabila Anda ingin mengunjungi Pantai Kuta Lombok ini, datanglah ke Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Indonesia. Pantai ini mempunyai garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer.

Yang berada di sebelah barat pantai, terdapat juga sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Penamaan ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, mengenai seorang putri bernama Mandalika.

Pantai Tanjung Aan Lombok

Wisata Lombok Tengah

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan mempunyai keunikan yang sangat berbeda dengan pantai yang lainnya. Yaitu pasirnya punya butiran yang halus dan kasar di sisi yang lainnya.

Di sini merupakan surga bagi wisatawan asing yang ingin berjemur sekaligus berenang di pantai berlama lama.

Artikel menarik lainnya: Objek Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi Sudah Tahu?

Adanya keunikan dari pasir yang terbagi atas dua jenis inilah yang lalu membuat pantai Aan ini dijuluki sebagai pantai merica. Inilah Wisata Lombok Tengah yang sangat di rekomendasikan.

Desa Wisata Sade

desa wisata di lombok

Wisata Ibu Denti dan Sahabat Di desa Sade

Desa Sade terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan Mataram dengan kawasan Selatan Lombok. Tidak lengkap rasanya jika berwisata di kawasan Lombok tidak mengunjungi perkampungan dari Suku Sasak di Desa Sade yang berada di wisata Lombok Tengah ini.

Kita akan dibawa dalam suasana desa tradisional dengan rumah sederhana beratap rumbia khas Sasak jika kita mengunjunginya.

Menurut informasi yang diterima dari Direktori Wisata di lokasi,  bahwa kawasan ini di tempati oleh hanya 150 kepala keluarga dengan 400 jiwa, dan semuanya masih mempunyai hubungan darah antar sepupu.

Sebab ini adalah penerapan dari adat tradsi dari Suku Sasak yang hingga kini masih diterapkan oleh masyarakat lokal dari nenek moyang mereka.

Perumahan penduduk asli masyarakat lokal Desa Sade terdiri atas dua ruangan saja. Mengenai ruangan pertama terletak di bagian dalam yang berfungi untuk tempat anggota keluarga wanita yang dirangkap juga sebagai dapur, dan mangenai ruang yang lantainya berada di bagian luar yang diperuntukan untuk angota lainnya yang merangkap ruang tamu.

Yang unik adalah lantai rumah penduduk lokal di sini dibersihkan dengan kotoran kerbau dengan tujuan agar mengkilat, licin, dan terlindung dari serangga. Namun, tidak ada bau yang menyengat.

Desa Sukarara

Mencoba mengenakan pakaian khas sasak Lombok di Desa Sukarara

Mencoba mengenakan pakaian khas sasak Lombok di Desa Sukarara

Anda dapat langsung melihat wisata budaya di Desa Sukarara. Yaitu sebuah desa yang dijadikan sebagai pusat tenun atau songket oleh masyrakat setempat.

Terdapat kain khas dari Lombok yang mempunyai nilai seni tinggi. Di sini mayoritas penduduknya yang tinggal di desa tersebut adalah penenun.

Menenun adalah keahlian yang menjadi warisan leluhur. Dan Anda juga dapat belajar sekaligus membeli songket sebagai cinderamata.

Wisata Lombok Tengah Kaya Akan Keindahan Alam dan Budaya Lokal

Memang jika kita berkunjung ke Wisata Lombok Tengah akan bertemu dengan beberapa tempat yang tentunya memberikan panorama luar biasa. Siapapu tidak akan mengelak bahwa destinasi ini luar biasa dan sangat memukau.

Selain itu Wisata Lombok Tengah ini  juga memberikan edukasi pada setiap pengunjung yang datang.

Kita ambil contoh, penduduk sekitar dapat memberikan pelajaran bagi mereka yang mau belajar menenun dengan alat tradisional. Jika Anda ingin juga belajar, yuk.. langsung bersata sekarang..!!!