Wisata menuju Pulau Lombok

[Wisata Lombok] – Pulau Lombok letaknya di sebelah timur Pulau Bali yg dipisahkan oleh selat Lombok dan ada di sebelah barat Pulau Sumbawa yang dipisahkan oleh Selat Alas, dengan Topografi alam didominasi menurut gunung berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3726 mdpl dan menjadikannya gunung berapi tertinggi nomor 3 di Indonesia. Ketinggian puncaknya cuma terkalahkan oleh Pegunungan Jayawijaya di tanah Papua serta Gunung Kerinci yang berada di tanah Sumatera. Erupsi terakhir Gunung Rinjani itu yaitu di bulan Juni-Juli tahun 1994 silam, 3 tahun kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak dinilai perlu dilindungi oleh pemerintah untuk dijadikan sebagai ecotourism atau ekowisata di Pulau Lombok.

Pulau Lombok sering di katakan memiliki kesamaan dengan Bali, baik dari bagian keindahan panorama pantai ataupun eksotisme alamnya, dan dari adat, tradisi serta budaya yang hampir mempunyai banyak kesamaan dengan Bali. Di tahun 1990-an Wisata Pulau Lombok telah dikenal dan dilirik oleh wisatawan internasional. Tetapi sempat berhenti pada tahun 1997, karena potensi pariwisata agak terlantarkan ketika terjadi krisis moneter yang melanda Indonesia dan krisis-krisis lain yang menyertainya. Kemudian pada awal tahun 2000 kembali terjadi kerusuhan antar-etnis dan antar-agama di seluruh Pulau Lombok sehingga terdapat pengungsian besar-besaran kaum minoritas dan prioritas pengungsian yaitu pulau Bali yang terdekat. Tetapi setelah situasi sudah menjadi aman dan kondusif, dan akhirnya kembali di lirik dan dikunjungi oleh semua touris.

Tahun 2007 yang lalu , sektor pariwisata ialah satu-satunya sektor di Pulau Lombok yang berkembang selain pertanian. Pulau Lombok sekarang sudah menjadi salah satu ikon Pariwisata Indonesia. Keindahan pulau-nya juga Gunung Rinjani-nya yang terlihat Megah menjulang langit, keindahan pantai-pantai yang berpasir putih, kekayaan hayati yang luar biasa, dilengkapi lagi dengan pulau pulau kecil di tengah lautnya yang terdiri dari Pulau gili Trawangan, Pulau gili Air, dan Pulau gili Meno dan bermacam pulau gili – gili yang lainnya, serta keramahan penduduk suku Sasak-nya, dan keunikan serta berbagai budaya Sasak yang dapat membuat pengunjung berdecak kagum.

Di antara sekian banyak objek Wisata bahari yang ada di pulau Lombok, sepertinya para pelancong lebih dahulu ingin menikmati pilihan di kawasan pantai bagian barat Pulau Lombok. Selain Pantai Senggigi yang populer, ada begitu banyak objek Wisata Pulau Lombok yang terkenal, seperti Batu Bolong, Pantai Kerandangan, Mangsit, Malimbu, dan ada pula tiga pulau kecil di tengah lautan yang jadi lokasi favorit semua pelancong dunia dan nusantara untuk berakhir pekan. Pulau-pulau kecil tersebut ini seakan sukses mewakili potret keindahan pantai-pantai di Pulau Lombok. Semuanya menawarkan kebeningan air laut, butiran pasir putih tanpa serakan sampah, dan terumbu karang serta ikan hias yang menggemaskan.

Jarak tempuh ke ketiga gilli itu tidak lama, hanya menghabiskan waktu 30 menit dari pelabuhan bangsal Lombok Utara, tergantung pada besar arus ombak. Sesampainya disana, panorama alam akan langsung memukau hati Anda. Air laut yang asin seakan tersekat dengan warna biru tua, biru muda sesudah hijau muda seperti gradiasi warna keindahan alam. Saking jernih airnya, dasar lautnya pun terlihat mengagumkan membuat decak kagum. Ketiga pulau gili kecil yang ada di tengah lautan itu memiliki perbedaan karakteristik yang unik. Masing-masing punya nuansa alam dan ciri khas yang berbeda-beda. Inilah keindahan Wisata Lombok yang sebenarnya. Ingin tahu lebih lengkap tentang objek Wisata di Lombok lainnya? Yuk kunjungi segera 🙂