Tips Sebelum Berkunjung ke Wisata Pantai Pink Lombok

Jika Anda diminta untuk memilih destinasi wisata yang populer di Pulau Lombok, maka mana yang akan Anda pilih? Nah, salah satu dari kalian pastilah memilih wisata pantai Pink Lombok, bukan? Ya, memang tidak heran jika pantai yang satu ini sangat terkenal, terutama di kalangan para wisatawan. Pantai Pink di Lombok merupakan satu dari 2 pantai yang memiliki pasir berwarna merah mudah, selain pantai Pink di Pulau Komodo. Agar kunjungan Anda di wisata pantai Pink Lombok lebih menyenangkan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini.’

  1. Memilih Transportasi Menuju Wisata Pantai Pink Lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok terletak di pesisir timur pulau Lombok tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Terletak di ujung bawah pulau Lombok membuat perjalanan menuju pantai ini cukup jauh dari pusat kota. Dari kota Mataram, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dengan kendaraan bermotor. Sedangkan dari Bandara Internasional Lombok, Anda hanya perlu berkendara 1,5 jam.

Jaraknya yang jauh membuat berwisata ke Pantai Pink membutuhkan sedikit perjuangan. Tidak ada sama sekali transportasi umum yang disediakan menuju ke sini. Jadi, Anda perlu menyewa kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor agar bisa sampai ke lokasi. Di samping itu, jalanan menuju Pantai Pink juga terbilang tidak mulus. Beberapa kilometer mendekati pantai, banyak badan jalan yang berlubang sehingga memperlambat laju kendaraan.Setelah sampai di tujuan, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 200 meter melewati jalanan tanah yang menurun untuk bisa sampai ke pinggir pantai.

Meskipun demikian, mata Anda akan sedikit disegarkan selama perjalanan karena Anda akan dibawa melewati hamparan hutan lindung Sekaroh yang hijau asri. Selain memanfaatkan Google Maps, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Sepanjang perjalanan Anda akan dengan mudah menemukan tanda jalan yang menunjukkan arah menuju Pantai Pink. Perlu diketahui bahwa ada 2 Pantai Pink di Lombok yaitu Pantai Pink 1 dan Pantai Pink 2. Keduanya terletak bersebelahan, namun Pantai Pink 1 merupakan spot yang ramai dikunjungi wisatawan sedangkan Pantai Pink 2 terbilang cukup sepi.

  1. Cara Menikmati Keindahan Pasir Pink-nya

Uniknya pasir pantai pink lombok

Uniknya pasir pantai pink lombok

Sesampainya di Pantai Pink Lombok, perjalanan panjang Anda akan terbayarkan. Anda akan disambut hamparan pantai pasir putih yang bersatu dengan air laut yang biru jernih. Tapi, ada satu hal yang berbeda dari pantai pasir putih lainnya di Lombok. Ya, ketika diperhatikan lebih seksama, butiran pasirnya tidak berwarna putih melainkan merah muda. Warna merah muda ini berasal dari serpihan karang merah yang menyatu dengan pasir putih selama bertahun-tahun lamanya.

Warna pinknya memang tidak bisa terlihat jelas seperti yang Anda lihat pada foto-foto di internet. Itu karena foto tersebut sudah diedit sehingga warna pinknya lebih gelap. Apalagi ketika berkunjung di siang yang terik, warna pinknya agak kabur. Coba tunggulah hingga agar sore menjelang matahari terbenam. Lama kelamaan warna pinknya akan berubah agak gelap. Anda bisa mencoba naik ke bukit di dekat pantai. Pemandangan dari atas jauh lebih cantik.

  1. Atraksi Wisata Pantai Pink Lombok yang Wajib Dicoba

Selain menanti-nanti melihat keindahan pasir pinknya, ada atraksi lainnya yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Berenang di pinggir pantai atau sekedar merendam kaki merupakan hal yang wajib dilakukan. Air lautnya dangkal dan sangat jernih sehingga Anda bisa dengan mudah melihat pemandangan bawah lautnya. Kalau sudah begitu, bukankah snorkeling ada atraksi selanjutnya yang harus dicoba? Agar bisa mendapatkan spot yang lebih bagus, Anda bisa menyewa kapal nelayan. Kapal akan mengantarkan Anda sedikit lebih jauh menuju spot snorkeling dan diving yang kaya akan biota lautnya.

  1. Mencari Fasilitas Umum dan Akomodasi di Pantai Pink Lombok

Fasilitas umum seperti toilet umum dan mushola juga tersedia namun dengan konsep sederhana. Soal tempat menginap juga tidak perlu repot karena ada banyak hotel hingga penginapan murah yang bisa didapatkan tidak begitu jauh dari lokasi tempat memarkirkan kendaraan Anda. Terakhir, jika Anda tidak berniat bermalam, maka sebaiknya jangan pulang terlalu malam. Saat malam, jalanan di sekitar wisata Pantai Pink Lombok akan sangat gelap apalagi ketika melewati jalan di tengah hutan lindungnya. Maka dari itu, demi kenyamanan dan keselamatan perjalanan sebaiknya Anda pulang tidak terlalu larut malam.

Itu dia tadi ulasan mengenai wisata Pantai Pink Lombok yang sangat luar biasa indah dan masih terjaga keasriannya. Jangan sampai lupa juga untuk menjaga kebersihan dari pantai unik yang cantik ini.